Rabu, 02 Juli 2014

Kemana kah Lampung Basketball Community League ?





Pada 16 April 2011, Lampung Basketball Community League resmi diselenggarakan. Liga bolabasket ini diselenggarakan berdasarkan kesepakatan antar pengurus klub bola basket se-Bandar Lampung. Waktu itu Dua tahun terkahir kompetisi bola basket tingkat klub di Bandar Lampung bisa dikatakan tidak ada. Hal itu terkait dengan minimnya animo masyarakat Bandar Lampung menonton pergelaran kompetisi bolabasket tingkat klub. Selain itu juga minimnya sponsor besar yang mampu memberikan dana cukup untuk menyelenggarakan event bolabasket. Rata-rata perusahaan di Bandar Lampung adalah perusahaan distributor sehingga enggan memeberikan dana besar untuk penyelenggaraan kompetisi bolabasket.

Lampung Basketball Community League ini mengusung beberapa misi khusus dalam penyelenggaraannya tahun ini. Yang pertama adalah dengan mendorong rasa kebersamaan antar pengurus klub bolabasket Bandar Lampung untuk berinisiatif mengadakan kompetisi sendiri dengan modal sendiri. Dalam penyelenggaran kali ini seluruh biaya penyelenggaraan liga dibebankan kepada peserta dalam bentuk uang pendaftaran yang totalnya mampu menutup biaya keseluruhan hingga akhir. Yang kedua adalah masalah perwasitan. Karena minimnya sumber daya wasit dan jarangnya penyelenggaraan penataran wasit membuat wasit-wasit lama yang resmi terdaftar di Pengda Perbasi Lampung mampu menentukan hasil akhir sebuah pertandingan. Kualitas pertandingan yang buruk didukung dengan pengambilan keputusan wasit yang janggal membuat pemain tak berdaya dan pertandingan-pertandingan penuh emosi selalu hadir dalam setiap pertandingan. Hal ini akan diminimalisir dalam Lampung Basketball Community League dengan menghadirkan wasit binaan komunitas sendiri. Bukan wasit resmi memang, tetapi mereka penuh antusias memperbaiki pengambilan keputusan yang lebih tepat. Nantinya mereka akan kami ikutkan dalam penataran dan pengambilan sertifikat perwasitan Nasional.

Liga waktu diikuti 9 klub bolabasket yakni, Ganesha, BUL, Persada, DT Unila, VIL A, Bermuda, Perumnas dan Smanda Savior. Jumlah peserta melebihi target yang kami usung yakni 9 tim dari target 8 team. Penyelenggaraan liga diselenggarakan setiap hari Sabtu jam 16.00-22.00 di lapangan bolabasket Dino Sport, sebanyak empat pertandingan tiap minggunya.

    agak susah juga untuk melebarkan sayap karena butuh komitmen yang tinggi. saya rasa itu tugas pengda untuk mengadakan kompetisi tingkat daerah. sementara yang kami lakukan adalah kumpulan pecinta bolabasket tingkat club yang haus akan kompetisi. dan even ini adalah inisiatif sendiri secara swadaya. 

Oleh (Rangga Priatama)

Terimakasih kak anggi (Rangga Priatama) sebagai pecinta & Pemerhati basket di Lampung yg pernah mendedikasikan waktu dan ide nya untuk Basket Lampung.

Kak Anggi, Ditunggu waktu dan pemikirannya lagi buat Basket Lampung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar